APA YANG MENYEBABKAN LISTRIK PADAM - WANS CHANNEL

Gallery

test banner

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, January 14, 2019

APA YANG MENYEBABKAN LISTRIK PADAM



Apa yang menyebabkan listrik padam, penyebab listrik padam ada dua katagori yaitu:  yang pertama PADAM TERENCANA (Sengaja Dipadamkan) dan yang kedua PADAM TIDAK TERENCANA (Diakibatkan Gangguan atau ada hal Darurat yang harus segera ditangani) untuk lebih jelasnya disini saya akan membahas beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya listrik padam.
  • PADAM TERENCANA (Katagori Satu)
Pemadaman ini dilakukan secara terencana, disertai dengan surat pemberitahuan pemadaman minimal 1 hari sebelum tanggal pelaksanaan, pemadaman ini biasanya dilakukan karena adanya pekerjaan pemeliharaan pada GARDU INDUK, JARINGAN TEGANGAN MENENGAH 20 KV dan GARDU DISTRIBUSI.
  • 1 . PEKERJAAN PADA GARDU INDUK
Pekerjaan pemeliharaan pada Gardu Induk diantaranya adalah : Pembersihan komponen PMT, Penggantian PMT lama dengan yang baru, Penambahan PMT baru, Penggantian Terminasi pada PMT, Penggantian Minyak Trafo, Treatment Minyak Trafo,  Penambahan Trafo Baru, Penggantian atau Oversize Trafo, dan Penambahan atau Penggantian komponen penunjang lainnya.

  • 2. PEKERJAAN PADA JARINGAN DISTRIBUSI TM 20 KV
Pekerjaan pemeliharaan pada Jaringan Distribusi Tegangan Menengah 20 KV diantaranya adalah : Oversize Conductor, Penggantian Conductor dari AAAC ke AAACS, MV TIC, SKTM, Pembersihan Isolator, Penambahan Jaringan Baru, Pengoperasian Gardu Distribusi baru, Pemangkasan Pohon dekat jaringan dan penambahan atau penggantian komponen penunjang lainnya.

  • 3. PEKERJAAN PADA GARDU DISTRIBUSI
Pekerjaan pemeliharaan pada Gardu  Distribusi diantaranya adalah : Penggantian Trafo, Oversize Trafo, Treatment Minyak TRafo, Penggantian PHBTR, Pemasangan PHBTR Baru, Penggantian Titik Sambung TM/TR, Penggantian Lighting Arester, Penggantian FCO dan komponen penunjang lainnya.

Demikianlah beberapa hal yang berhubungan dengan, apa yang menyebabkan listrik padam pada katagori satu yaitu PADAM TERENCANA.
  • PADAM TIDAK TERENCANA (Katagori Dua)
Jika diatas saya sudah menjelaskan beberapa hal yang berhubungan dengan PADAM TERENCANA maka disini saya akan menjelaskan beberapa hal yang menyebabkan listrik padam secara mendadak atau TIDAK TERENCANA diantaranya yaitu : 

  • 1. TERJADI GANGGUAN
Banyak hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan diantaranya, jaringan tertimpa Pohon, tertimpa Layang - layang yang menggunakan kawat, Tiang roboh (Terbawa longsor atau tertimpa pohon besar), terjadi sambaran petir pada jaringan SUTM (menyebabkan arus berlebih), binatang naik ke jaringan melalui pohon atau tiang (biasanya di dominasi oleh binatang muka / kukang, ular dan tupai), terjadi kerusakan pada alat seperti rusaknya Trafo Distribusi, Conductor Putus atau Isolator Pecah.
Hal-hal tersebut diatas adalah pemicu terjadinya gangguan dan dari gangguan tersebut memicu Pemutus Otomatis untuk bekerja, terbuka dengan sendirinya sehingga aliran listrik terhenti atau padam.

  • 2. TERJADI HAL DARURAT
Selain padam karena terjadinya gangguan, listrik juga akan dipadamkan tanpa pemberitahuan jika terjadi hal-hal darurat seperti berikut :

1. Gardu Induk terendam banjir
2. Jaringan dan Gardu Distribusi terendam banjir
3. Rumah konsumen terendam banjir
4. Terjadi tanah longsor yang mengancam Tiang Jaringan
5. Pengurangan beban (Dilakukan secara bergilir)
6. Pengalihan beban Penyulang (Padam tidak lama)

Demikian beberapa hal yang bisa menyebabkan listrik padam secara terencana dan tidak terencana, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat.

Terimakasih.








    


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here